Load Balancing dengan Nginx pada Windows

Load Balancing adalah teknik untuk mendistribusikan beban trafik pada dua atau lebih jalur koneksi secara seimbang, agar trafik dapat berjalan optimal, memaksimalkan throughput, memperkecil waktu tanggap dan menghindari overload pada salah satu jalur koneksi. Load balancing digunakan pada saat sebuah server telah memiliki jumlah user yang telah melebihi maksimal kapasitasnya. Load balancing juga mendistribusikan beban kerja secara merata di dua atau lebih komputer, link jaringan, CPU, hard drive, atau sumber daya lainnya, untuk mendapatkan pemanfaatan sumber daya yang optimal.

Pada kali ini saya akan memberikan sebuah turorial menjalankan Load Balancer yang bernama Nginx (baca : Engine-X), Nginx biasanya berjalan pada OS Linux, namun ternyata juga bisa pada windows.

  1. Install Nginx

Download package nginx pada nginx.org, lalu pilih versi yang diinginkan, namun saya merecomendasikan yang versi terbarunya (1.17.6) atau yang stable (1.16.1).

2. Start Nginx

Setelah di download, extract file zipnya di mana saja, kemudian buka isi foldernya. Pada folder ini kita jalankan command prompt (cmd.exe) dan buat perintah “start nginx”.

Kemudian kita cek di browser kita bahwa nginx telah terjalankan dengan baik, yaitu dengan menjalankan localhost.

3. Atur Config

Kemudian kita atur config yang ada pada folder nginx agar bisa menjalankan website local dengan port yang berbeda.

buka folder conf, lalu ke file yang bernama nginx.conf

Kita edit nginx.conf seperti gambar diatas, unttuk nama upstream kita bebas untuk menamainya apa saja dan harus sama pada bagian proxy_pass-nya. Pada bagian server kita juga bisa menggunakan port yang berbeda tidak harus sesuai yang diatas.

4. Test dengan Website Lokal

Setelah kita mengatur confignya kita akan melakukan test dengan menggunakan website lokal dengan menjalankan website dari berbagai port yang berbeda.

Kemudian kita lihat pada browser sesuai server yang digunakan

localhost:8001
localhost

Dan pada bagian localhost saja juga akan menampilkan website lokal kita yang telah disambung oleh Nginx. Selamat Nginx anda telah berhasil dijalankan.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada tutorial kali ini, terima kasih telah mengunjungi article yang telah saya buat ini.

Mahasiswa Fasilkom UI angkatan 2018

Mahasiswa Fasilkom UI angkatan 2018